Faktor-faktor Penyebab terjadinya Kanker Otak

Sumber : sehatcenter.com

Dilansir dari laman AloDokter, bahwa kanker otak terjadi saat salah satu dari tipe sel tumbuh dengan sangat cepat dan berubah dari sifat karakteristik normalnya. Tumor adalah hasil dari pertumbuhan sel yang abnormal. Hingga saat ini belum bisa dipastikan apa penyebab tumbuhnya kanker otak. Namun, hasil dari berbagai penelitian, terdapat faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terserang kanker otak. 

Dikutip dari laman Halodoc.com menyebutkan bahwa kanker otak bisa disebabkan oleh kanker yang tumbuh di bagian tubuh lain lalu menyebar ke bagian otak melalui pembuluh darah. Kanker payudara, kanker paru, kanker kulit tipe melanoma, dan kanker usus besar adalah contoh jenis kanker yang dapat menyebar ke otak. Kanker otak yang disebabkan oleh penyebaran dari kanker lain adalah kanker otak sekunder. Sedangkan dikatakan kanker otak primer ketika kanker otak tumbuh langsung di otak. Kanker otak primer memiliki berbagai jenis, namun yang paling umum temukan adalah medulloblastoma yaitu kanker otak yang tumbuh di otak kecil dan glioma yaitu kanker yang berasal dari sel glia di otak. 

Setiap jenis kanker otak memiliki penyebab yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa faktor umum  menyebabkan terjadinya peningkatan risiko terjadinya kanker otak. Faktor-faktor umum yang berisiko menyebabkan kanker otak, yaitu :

  1. Memiliki berat badan berlebih (obesitas)

Seseorang yang memiliki berat badan dengan IMT (indeks massa tubuh) lebih dari 30 akan meningkatkan risiko terjadinya kanker otak.

  1. Menderita HIV/AIDS

Saat seseorang terkena HIV/AIDS maka imunitas tubuh akan menurun. Saat imunitas menurun maka tubuh akan kesulitan untuk menjaga tubuh dari bakteri, kuman, virus, dan benda asing lainnya. Karena hal itu, berbagai penyakit dapat berkembang, termasuk penyakit kanker otak. Sehingga HIV/AIDS dapat meningkatkan risiko penyakit kanker otak.

  1. Paparan radiasi

Beberapa paparan radiasi yang dapat meningkatkan risiko kanker otak yaitu ledakan bom atom, radiasi dari nuklir, atau paparan radiasi radioterapu untuk mengobati kanker. Jika terpapar radiasi dengan jangka waktu lama atau dosisi yang tinggi lebih berisiko terkena kanker, termasuk kanker otak, walaupun paparan radiasi mengenai tubuh lainnya.

  1. Merokok 

Rokok dapat merusak sel-sel dalam tubuh karena kandungan bahan kimia yang berbahaya didalamnya. Rusaknya sel-sel tersebut bisa menyebabkan kanker paru-paru dan kanker lainnya, sehingga dapat juga meningkatkan risiko terkena kanker otak.

  1. Faktor keturunan

Sebagian pengidap kanker otak berasal dari keluarga yang memiliki riwayat kanker otak pula. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit keluarga seperti sindrom turner, sindrom Gorlin, sindrom Li-Fraumani, dan tuberous sclerosis memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker otak.

  1. Pencemaran lingkungan

Tidak hanya paparan radiasi, paparan bahan kimia pun dapat meningkatkan risiko penyakit kanker otak jika terkena tubuh dalam jangka waktu yang lama. Pestisida, timah, vinil klorida pada produk plastik, herbisida, bahan bakar, bahan tekskil adalah contoh dari bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker otak.

Setelah mengetahui berbagai penyebab terjadinya kanker otak, Anda harus senantiasa menghindari segala faktor yang dapat memicu terjadinya kanker otak. Selain itu, menjaga pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, memakan makanan yang sehat, menjaga lingkungan hidup agar selalu bersih harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya kanker otak yang bisa Anda cegah, bahkan berbagai penyakit lain pun bisa Anda cegah ketika menerapkan pola hidup sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>